Lompat ke konten

0813-2373-9973, Kawah Putih Ciwidey Sudah Dibuka, Untuk Wisatawan Magetan

0813-2373-9973, Kawah Putih Ciwidey Sudah Dibuka, Untuk Wisatawan Magetan, Harga Tiket Kawah Putih Ciwidey pada bulan ini diantara antara Rp.27.000 sampai Rp.81.000 per orang. Harga Tiket Kawah Putih yang 27K per orang berlaku untuk wisatawan domestik dan Harga Tiket Kawah Putih yang 81K per orang berlaku untuk wisatawan Mancanegara. Dan Harga itu belum termasuk ongkos angkutan khusus ke pusat Kawah yakni Ontang Anting.

Berkunjung ke kawah Putih Ciwidey Bandung yang berada di puncak gunung Patuha di ketinggian 2434 mdpl ini sangat berbahaya, jika anda :

  1. – Menceburkan diri berenang dikawahnya yang indah berwarna putih kehijauan
  2. – Berada di lokasi kawah utama selama lebih dari 6 jam
  3. – Menginap di lokasi kawah utama selama lebih dari 2 hari dua malam tanpa makan dan minum
  4. – Merenung sendirian selama seminggu di lokasi kawah utama kawah putih (bisa “kasurupan” atau bahkan gila)
  5. – Tidak mengenakan baju alias ber-bikini kayak di pantai

Semua hal di atas adalah hal-hal sangat berbahaya yang tidak boleh kalian lakukan di lokasi utama Kawah Putih Ciwidey Bandung yang beralamat lengkap di Jl. Raya Ciwidey Patengan Km 11 Bandung, Jawa Barat Indonesia 40973 dengan jam buka mulai Pk.08.00 dan tutup pada Pk.17.00 WIB. Nanti lah, kapan-kapan kita bahas apa saja LARANGAN dan ATURAN di Kawah Putih Ciwidey Bandung secara lebih mendetil.

Kawah Putih Ciwidey

Ada hal yang aneh dengan kawah putih ini. Apakah itu?

Secara umum, suasana Kawah Putih Ciwidey Bandung hari ini tidak lebih natural dari suasana Kawah Putih Ciwidey Bandung di era antara tahun 1884 – 2000, dimana pada tahun 1884 ( katanya ) kawah utama gunung Patuha ini meletus dan menciptakan kawah baru yang hari ini dikenal dengan sebutan Kawah Putih. Kenapa dinamai Kawah Putih tidak kawah hijau atau kawah Patuha? Karena, warna air kawah baru gunung Patuha ini berwarna putih agak-agak kehijauan. Kalau ada yang menyebutkan bahwa warna kawah ini selalu berubah itu tidak benar, lebay itu orang! Yang benar adalah warna Kawah Putih Ciwidey Bandung Gunung Patuha tetap saja begitu dari dulu juga, putih ke-hijau-hijauan. Diantara tahun 1980 – 1990-an, aktifitas vulkanis gunung Patuha di Kawah Putih Ciwidey Bandung ini masih bisa terlihat jelas ( “naha nyaho timana cenah, mang? panan aing urang dieu!” ). Gelembung-gelembung uap panas gunung Patuha yang berapi-api ingin batuk (meletus) lagi sangat jelas sekali terlihat, bahkan kala itu tidak ada orang yang berani mendekat ke bibir Kawah Putih Ciwidey Bandung meski hanya sekedar merasakan hangat nya air kawah karena begitu kuatnya Bau Belerang di sana. Jangankan kayak sekarang berlama-lama ber-selfy riang gembira di dalam lokasi kawah, 10 menit berada di sana tersiksa banget karena bau belerangnya yang begitu menyengat.

Management-nya masih sama kayak dulu Perhutani- Perhutani juga yang berbeda hanya orang-orangnya. Orang-orang perhutani pengelola Kawah Putih Ciwidey Bandung (tukang menjaga gerbang tiket dan menjual tiket masuk) dulu udah pada tua bahkan sudah ada yang meninggal, Pengelola yang sekarang masih muda-muda (meski ada yang cantik tampan dan ada pula yang tidak cantik -tidak tampan) dan dijamin semua petugas Kawah Putih itu ramah-ramah dan bersahabat.

Kawah Putih Ciwidey Bandung Gunung Patuha ini sekarang sudah betul-betul menjadi Daerah Tujuan Wisata Utama atau di Bandung Selatan. Secara Administratif, demography Keberadaan Destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung berada di 2 (dua) Desa yaitu di Desa Sugihmukti dan Desa Alamendah. Jadi kalau dalam istilah bahasa sunda mah disebutnya “sabeulah ewang”. Alamendah “sabeulah”, sugihmukti “ewang”.

MATAK SOK PAREBUT, CEUK ALAMENDAH NU AING CEUK SUGIH MUKTI NU AING, padahal NU GUSTI ALLAH.

Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah primadona wisata di Ciwidey Bandung Selatan. Tempat yang sejuk berada di tengah-tengah kawasan wisata Ciwidey dekat dengan eMTe Highland ResortRancaupas CiwideyGlamping Lakeside Rancabali, Ciwalini dan situ patenggang. Kawah Putih Ciwidey Bandung berada di ketinggian 2434 Mdpl, Kawah Putih Ciwidey Bandung ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Ciwidey Bandung Selatan baik lokal maupun mancanegara dengan pemandangan yang tidak pernah bosan ketika kita berada di tepi kawah dan satu-satunya kawah dimanakita bisa langsung ke pusat kawahnya dengan dilengkapi fasilitas tambahan yang dibangun oleh pihak perhutani seperti Jembatan Ponton, Cantigi Sky Walk, Sunan Ibu dan yang lagi viral di Agustus 2021 ini adalah spot sunrise sunan ibu Kawah Putih Ciwidey Bandung seperti negeri diatas awan. Spot Kawah Putih Ciwidey Bandung ini sangat bersahabat bagi para lansia karena pengelola menyediakan tempat khusus bagi lansia.

PAKET KEMPING SUNAN IBU KAWAH PUTIH

SUNAN IBU KAWAH PUTIH DIBUKA UNTUK KEMPING, TERBATAS HANYA UNTUK 2O TENDA. Harga Paket Backpacker 145K/Orang 8 orang, Harga Paket Explorer 295K/orang minimal 8 orang

  1. PAKET BACKPACKER (Harga Paket 145K/orang minimal 8 orang)

Fasilitas :

  • HTM Kawah Putih
  • Free Ponton & Cantigi Skywalk
  • Free Sunan Ibu (Spot Sunrise)
  • Free Charge jasa reduksi emisi
  • Welcome Drink (Bandrek)
  • Kayu Bakar
  • Air Bersih
  • Fasilitator
  1. PAKET EXPLORER (Harga Paket 295K/orang minimal 8 orang)

Fasilitas :

  1. HTM Kawah Putih
  2. Free Ponton & Cantigi Skywalk
  3. Free Sunan Ibu (Spot Sunrise)
  4. Free Charge jasa reduksi emisi
  5. Welcome Drink (Bandrek)
  6. Kayu Bakar
  7. Air Bersih
  8. Fasilitator
  9. Sewa Tenda
  10. Sarapan/Brakfast/Sahur & Snack

Sering ada yang nanya: “Aman ngga,mba?” Jawabannya; “Aman Mas/mba!”

Kawah Putih Ciwidey Bandung dengan sejuta pesona dan magnet yang sangat luar biasa bagi para wisatawan, meski sudah berkali-kali datang tidak pernah bosan dengan keindahan dan kesempurnaan ciptaan Tuhan YME, Kawah Putih Ciwidey Bandung juga banyak di pakai shoting film layar lebar seperti wiro sableng, My Heart dan FTV, dan cocok juga nih buat prawedding, video klip dll.

Kawah Putih Ciwidey Bandung didominasi warna putih, sangat cocok untuk wisatawan yang suka berburu spot foto Instagramable. Memiliki kesan romantis dan unik serta menjadi latar favorit wisatawan untuk berfoto. Panorama alamnya yang indah, menjadi daya tarik wisatawan, terutama pasangan muda untuk mengabadikan momen.

Latar belakang kawah dan alam yang eksotis menambah kesan natural hasil foto. Destinasi wisata ini turut dipopulerkan sebagai lokasi syuting film Heart pada 2006 silam. Lokasi ini juga kerap digunakan untuk lokasi foto prewedding.

Salah satu spot foto yang menarik adalah Sunan Ibu sunrise viewing point. Spot ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan terutama pencinta fotografi untuk berburu sunrise. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari atas dan melihat matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl.

HARGA

HARGA TIKET DAN FASILITAS WANA WISATA KAWAH PUTIH BULAN Agustus 2021 :
Demi Peningkatan Pelayanan Prima dan terintegrasi dari Pihak Perhutani, maka berdasarkan SK GM KBM ECOTOURISM NO.75/KPTS/GM/KBM ECOTOURISM/2020 harga tiket masuk untuk Orang, kendaraan dan wahana, seperti berikut :

HARGA TIKET

  • Wisatawan Nusantara : Rp. 27.000
  • Wisatawan Mancanegara : Rp. 81.000
  • Angkutan Ontang Anting (PP) : Rp. 27.000
  • Charge Parkir Eksklusive di Pusat Kawah : Rp. 162.000

KENDARAAN

  • Tiket Tanda Masuk Motor (R2) : Rp. 6.000
  • Tiket Tanda Masuk Mobil (R4) : Rp.11.000
  • Tiket Tanda Masuk Bis (R6) : Rp.27.000

WAHANA

  • Tiket Masuk Terusan Wahana (Dermaga Ponton, Sky Walk Cantigi A dan B): Rp. 38.000/orang
  • Dermaga Pontoon : Rp. 11.000
  • Skywalk Cantigi A : Rp. 11.000
  • Skywalk Cantigi B : Rp. 11.000
  • Tiket Wisata Sunan Ibu : Rp. 11.000/orang

FHOTO SHOOT

  • Charge Fhoto Season / Pree Wedding : Rp. 500.000
  • Charge Video Shooting : Rp. 3.000.000
  • Charge Lokasi Wedding Outdoor : Rp. 5.000.000

HARGA PAKET SUNAN IBU (EXPLORE SUNAN IBU KAWAH PUTIH)

Paket Bcakpacker 145k/ORANG -minimal 8 orang

  • HTM Kawah Putih
  • Free Fontoon & Cantigi
  • Free Sunan Ibu (Spot Sunrise)
  • Free Charge Jasa Reduksi Emisi
  • Wecome Drink
  • Kayu bakar
  • Air Bersih
  • Fasilitator

SUNAN IBU KAWAH PUTIH DIBUKA UNTUK KEMPING- terbatas hanya utuk 20 tenda

RAGAM AKTIFITAS WISATA

Kawah Putih Ciwidey Bandung seringkali diselimuti kabut tipis layaknya hawa pegunungan yang dingin. Posisinya yang terletak di Puncak Gunung Patuha Ciwidey menambah indah nuansa keindahannya. Pada waktu-waktu tertentu kabut tebal dapat turun menyelimuti dan menghalangi jarak pandang.

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung ini salah satu tujuan wisata favorit dan sangat diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pada hari libur biasa jumlah wisatawan perhari berkisar 2.500 – 4.000 orang. Sedangkan pada libur panjang jumlahnya dapat mencapai 8.000 orang perharinya.

Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan danau hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Kontur tanahnya berwarna putih yang terjadi secara alamiah dari endapan tuff (abu gunung api). Air danaunya berwarna putih jernih kehijauan.

Kawah Putih Ciwidey Bandung ini dikelilingi pasir putih dengan riak bertabur asap dan letupan lumpur hidup sesekali. Warna kawahnya dapat berubah sesuai kadar belerang, suhu, dan cuaca di sekitar area. Terkadang berwarna hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu, hingga berwarna putih berkabut.

Di sini, di Kawah Putih Ciwidey Bandung, wisatawan akan mencium bau belerang yang kuat dari asap yang keluar dari kawahnya (tapi tidak sekuat dulu). Dengan tingkat keasaman tinggi di kisaran pH 0,5 – 1,3. Wisatawan dilarang berenang karena airnya kandungan sulfur yang sangat tinggi dapat membahayakan wisatawan.

Kawah Putih Ciwidey Bandung

AKSES

Aksesibiltas menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dari pintu tol Soreang selama kurang lebih 1 jam 3 menit, dengan kendaraan Roda 2 kurng lebih 45 menit, dan dengan berjalan kaki kurang lebih 7 sampai 8 jam (itu pun kalo kuat)

Akses jalan menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung sudah cukup mudah. Lokasi wisata ini berada di jarak 44 km arah Selatan kota Bandung. Tepatnya di sebelah kiri jalan raya km 30 Ciwidey – Rancabali, sebelum bumi perkemahan Ranca Upas.

Terdapat dua jalur pilihan, yaitu pertama dari Gerbang tol Pasteur keluar tol soroja menghemat hanya 15 menit untuk menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung, jalur kedua dari arah Jakarta bisa langsung keluar tol soroja yang hanya menghemat Jakarta – ciwidey hanya 2,5 jam -3 Jam Menuju Kawah Putih Ciwidey Bandung juga dapat menggunakan kendaraan umum. Tepat di gerbang masuk, wisatawan akan menjumpai papan petunjuk arah memasuki kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.

FASILITAS

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung telah dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Area pelataran parkirnya luas dan aman. Bagi yang ingin bersantap, telah tersedia banyak pilihan kios makan.

Di daerah sekitar Kawah Putih Ciwidey Bandung juga terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan bebatuan khas Kawah Putih Ciwidey Bandung. Cinderamata tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit hingga menghilangkan jerawat.

Fasilitas yang ada di Kawah Putih Ciwidey Bandung, diantaranya:

  • Toilet Umum
  • Angkutan Ontang Anting
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Guide Lokal
  • Shelter
  • Dermaga Ponton
  • Sky Walk
  • Sunan Ibu

NAIK ONTANG-ANTING KE KAWAH PUTIH

Memasuki area tempat wisata ini, wisatawan akan diantar menuju kawasan utamanya dengan Ontang anting. Kendaraan ini adalah angkutan yang dimodifikasi pihak pengelola untuk menuju pintu masuk. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung sudah termasuk tarif naik Ontang-anting dan tiket terusan ke wahana. Menaiki kendaraan ini, wisatawan dapat menikmati udara segar dari kawasan yang masih murni. Sepanjang jalan akan terlihat hutan alami khas pegunungan.

HOTEL TERDEKAT DI KAWAH PUTIH

Momen terindah di Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah pagi hari pada saat matahari terbit. Kemunculan Sun Rise ini bisa travellers saksikan dari Sunan Ibuyang berada di atas Kawah Putih Ciwidey Bandung.Sebuah spot sunrise terbaik Kawah Putih Ciwidey Bandung sudah disediakan pengelola agar travellers bisa menikmati beauthiful sunrise from Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Untuk dapat menyaksikan keelokan sunrise dari Kawah Putih Ciwidey Bandung, travellers harus naik ke Kawah Putih Ciwidey Bandung sekitar jam 4 pagi. Saran: ada baiknya menginap dulu di Hotel atau penginapan terdekat ke Kawah Putih Ciwidey Bandung. Hotel atau penginapan yang paling dekat dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah emte highland resort. Jarak dari penginapan ini ke pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey Bandung kurang lebih hanya 50 meter, 0813-2373-9973, Kawah Putih Ciwidey Sudah Dibuka, Untuk Wisatawan Magetan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *